Cerpen Tetntang : Penemuan Listrik , Penemuan Bola Lampu Pijar , dan Penemuan Roda

๐“๐ฎ๐ ๐š๐ฌ ๐ƒ๐š๐ซ๐ข ๐†๐ฎ๐ซ๐ฎ๐ค๐ฎ

1. Pada suatu hari listrik diperkotaan , dan perdesaan ku mati!! Jadi terasa gelap sekali... , Sedangkan air di bak mandi belum ter isi penuh , Sedangkan aku dan keluarga ku tidak bisa menonton tv dikarenakan listrik yang padam... , Dan aku juga tidak bisa belajar karena gelap.

Setelah beberapa saat kemudian untung saja listrik pun menyala kembali , akupun langsung menghidupkan mesin air untuk memenuhi air yang di bak mandi belum penuh...  , Setelah bak air ter isi penuh akupun bisa melanjutkan belajar dengan tenang karena listrik sudah menyala dan bisa untuk menerangi ketika belajar.

Ya berkat Tokoh yang bernama : ๐Œ๐ข๐œ๐ก๐š๐ž๐ฅ ๐…๐š๐ซ๐š๐๐š๐ฒ , yang lahir pada tahun 1791 di ๐๐ž๐ฐ๐ข๐ง๐ ๐ญ๐จ๐ง, ๐ˆ๐ง๐ ๐ ๐ซ๐ข๐ฌ. Adalah tokoh penemu arus listrik , ia berasal dari kekuarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan sekolah . Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil membuat alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan "๐†๐ž๐ฅ๐จ๐ฆ๐›๐š๐ง๐  ๐„๐ฅ๐ž๐ค๐ญ๐ซ๐จ๐ฆ๐š๐ ๐ง๐ž๐ญ๐ข๐ค".

2. Meskipun ada listrik kalau tidak ada lampu mungkin juga akan terasa kurang terang , bahkan bisa menganggu aktivitas kita , seperti kita sedang belajar akan terganggu karena tidak ada penerangan , seperti kita mau berjalan dari ruang tamu menuju kamar pun akan susah , akan menabrak benda yang ada di sekitar kita .... karena apa? Karena tidak ada lampu yang menyala!

Maka dari itu ada seorang tokoh yang bernama : ๐“๐ก๐จ๐ฆ๐š๐ฌ ๐€๐ฅ๐ฏ๐š ๐„๐๐ข๐ฌ๐จ๐ง, lahir di milan, ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia hanya sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar oleh ibunya di rumah. Walaupun tidak mengikuti pendidikan formal, terlihat bahwa Edison memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi . Di usia 11 tahun , Edison sudah dapat membuat telegraf sederhana. Di usia 12 tahun, ia menabfaatkan waktu luangnya untuk membaca literatur dan melakukan berbagai percobaan. Pada tahun 1861 ia dapat mencetak koran. Koran terbitnya Weekly Herald laris terjual.

Ia melihat dunia butuh penerangan . Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 ๐ฅ๐š๐ก๐ข๐ซ ๐ฅ๐š๐ฆ๐ฉ๐ฎ ๐ฉ๐ข๐ฃ๐š๐ซ ๐ฅ๐ข๐ฌ๐ญ๐ซ๐ข๐ค ๐ฉ๐ž๐ซ๐ญ๐š๐ฆ๐š ๐ฒ๐š๐ง๐  ๐๐š๐ฉ๐š๐ญ ๐ฆ๐ž๐ง๐ฒ๐š๐ฅ๐š ๐ฌ๐ž๐ฅ๐š๐ฆ๐š 40 ๐ฃ๐š๐ฆ .  Dan sampai saat ini lampu masih di perkembangkan bahkan ada berbagai merek.

3. Pada suatu hari  aku, ayah , dan ibuku mau bepergian ... menaiki sepeda motor berhubung ban sepertinya terasa kempes ( kurang angin ) langsung aku ambil pompa ban dan ayahku pun mulai memompa ban tersebut setelah selesai akhirnya bisa bepergian dengan aman , walaupun yang menaiki 3 orang masih terasa ringan karena apa ? Karena ada ban karet yang di isi udara . Bagaimana awal mula roda ? Dan Siapa nama tokoh penemu roda? Nah yuk kita cari jawabannya : 

Awal mula roda adalah :

1. Pada tahun  ...< 300 SM

Sebelum ditemukannya roda , orang memindahkan barang yang amat berat dengan gelondongan kayu yang di gulirkan

2. Pada tahun 300 Sebelum Masehi 

Roda ditemukan untuk memintal benang .

3. Pada tahun 1500 Sebelum Masehi 

Roda- roda dibuat dari kayu dan di beri sumbu/as

4. Pada tahun sesudah masehi hingga tahun 1800-an 

Roda di buat dari kayu tetapi dengan jeruji . Terasa lebih ringan dibandingkan roda kayu pepat yang bersumbu . 

5. Pada tahun 1839

Ditemukan roda berupa ban karet yang diisi udara.

Mampu menahan berat tetapi terasa jauh lebih ringan.

Inilah Tokoh yang menciptakan ban dari karet :

1. ๐‚๐ก๐š๐ซ๐ฅ๐ž๐ฌ ๐†๐จ๐จ๐๐ฒ๐ž๐š๐ซ 

Pada tahun 1839 ๐‚๐ก๐š๐ซ๐ฅ๐ž๐ฌ ๐†๐จ๐จ๐๐ฒ๐ž๐š๐ซ menemukan ban.

2. ๐‰๐จ๐ก๐ง ๐๐จ๐ฒ๐ ๐ƒ๐ฎ๐ง๐ฅ๐จ๐ฉ

Pada tahun 1845 ๐‰๐จ๐ก๐ง ๐๐จ๐ฒ๐ ๐ƒ๐ฎ๐ง๐ฅ๐จ๐ฉ menciptakan ban yang berisi udara. 

Itulah 3 penemuan, yang dapat mengubah wajah dunia.

Komentar

  1. Wah wah hebat sekali. Kalau mau diperbaiki bisa kok.

    BalasHapus
  2. Luar biasa sekali yaa dek tulisannya. Semangat menulis sama Bapak guru hebatnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya terimakasih atas masukan dan sarannya๐Ÿ™๐Ÿป๐Ÿ˜ƒ

      Hapus
  3. Luar biasa... Isi kontennya tentang ilmu.. Dilanjutkan yah.. Tetap semangat.. ๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya terimakasih atas saran nya๐Ÿ™๐Ÿ˜€

      Hapus
  4. Kecil2 cabe rawit neh....dah jadi blogger....

    Mampir dan beri komentar juga kesini yah....
    https://kemuningbelajar.blogspot.com/2020/09/peter-pan.html?m=1

    BalasHapus
  5. Baguss banget karangan nya rohman tetap semangat ya

    BalasHapus
  6. Luar biasa .. bagus banget, kontennya juga oke, masih kecil tapi Uda keren karyanya ... Lanjutkan terus untuk berkarya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya terimakasih atas saran nya ๐Ÿ™๐Ÿ˜ƒ

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air

Jum'at 16 Oktober 2020

Virtex (virus text)